12 Mei 2009

Kalibrasi Battery Notebook

Setelah postingan sebelumnya mengenai perawatan battery notebook, sekarang gantian trik mengenai kalibrasi battery notebook.
Trik ini adalah untuk pertolongan pertama battery nge-Drop, terutama yang disebabkan oleh pemakaian /perawatan yang salah. Sehingga battery yang seharusnya bisa bertahan minimal 1jam, tiba-tiba saja hanya 15 menit sudah minta recharge lagi, padahal kemarin masih bertahan diatas 1 jam.

Namun jika pengurangan performa itu teratur, misalnya setiap 3 bulan ada penurunan 5 menit, maka itu kemungkinan besar memang adalah karena performa cell battery yang memang selayaknya mengalami penurunan.

Jadi trik ini hanya untuk kasus pertama saja.
Ok, begini ceritanya ;

Battery notebook itu sebenarnya terdiri dari beberapa cell yang disusun menjadi satu kesatuan disebut battery pack. Nah didalam battery pack ini ada semacam smart circuit, yang tugasnya untuk memantau keadaan cell-cell didalam battery pack.
Circuit ini selalu aktif memonitor antara lain : suhu cell battery, kapan harus mengeluarkan tanda low batt, kapan harus memberi tanda battery full, dan kapan saat dia harus memutus proses charging.

Nah jika pemakaian (misalnya) seringkali battery belum habis, katakanlah 50% sudah dicharge dan sering seperti itu, maka lama kelamaan smart circuit didlm battery pack menganggap bahwa pada level itu cell harus diisi (low batt). Akibatnya pada posisi 50% battery dianggap low, itu artinya performa turun dari 1jam menjadi 30 menit.

Nah jika sudah demikian, maka diperlukan kalibrasi ini :
  1. usahakan memakai laptop sampai critical low batt muncul, atau sistem shutdown sendiri
  2. setelah kondisi mati, tunggu hingga battery dingin, kemudian dicharge selama 8jam (sebaiknya malam hari, bisa ditinggal tidur)
  3. setelah proses charging, biarkan battery dingin (kira" 30 menit)
  4. cabut koneksi charger lalu gunakan laptop seperti biasa, gunakan sampe critical low warning / sampe sistem shutdown sendiri.
  5. ulangi langkah 2 sampe 4 kira-kira 3kali
Seharusnya dengan langkah-langkah itu ada perbaikan terhadap performa battery, jika masih tetap sama terpaksa harus ganti battery pack atau refill.
Pilihan ganti battery pack adalah jika smart circuit yang mengalami kerusakan, sedangkan pilihan refill adalah jika smart circuit masih normal namun cell battery sudah lemah.

Semoga membantu .............

1 komentar:

  1. Wah dicobain deh kebetulan laptop toshiba ku batterynya hanya bertahan 15 menit thank's infonya ya...

    BalasHapus