14 Mei 2009

Solo Cyber City

Tadi malem ke rumah temen, janjian mau tukeran Virus :D (ada virus baru katanya, smua antivirus dah dicoba ga mempan, jadi penasaran mau nyicipi dikit ... ) Ok, tapi itu bukan topik kali ini.

Dari rumah jam 7.00 malem ternyata temen belum stanby dikos ... walah ...
Ya daripada nunggu didepan kos kayak tukang parkir, iseng-iseng muter sepanjang jalan Slamet Riyadi ... liat kiri kanan banyak pohon cemara (tepatnya hanya sebelah kanan yang ada pohon cemara).

Nah sambil jalan kliatan kok banyak kegiatan disekitar pohon cemara, sambil lesehan diatas rumput ..weh, coba mendekat lah. Ternyata lagi ada kegiatan hotspotan gratis ... (lupa kalo Solo dah jadi Cyber City).
Keliatan asik juga, malem-malem gini pas langit cerah lesehan diatas rumput sambil internetan gratis ... weh jadi penasaran..

Karena memang dari rumah juga dah bawa Travie (batre dah up jadi 2jam+) langsung saja ngincer salah satu tempat di pinggir situ. Motor diparkir, trus pasang stan leyeh-leyeh (bahasa gaulnya mungkin ngisis) sambil buka Travie pelan-pelan ....
Pencet tombol power, nunggu bentar trus kluar sistem operasi pasaran (Microsoft) .... lalu cek signal wireless yang ada.
Ups... banyak banget ha ... sampe bingung mau nempel yang mana. Akhirnya dengan pertimbangan gratisan, maka coba nempel ke AP TELKOMHotspotFREE karena dari namanya sudah pasti free. Nunggu bentar akhirnya konek juga, agak susah juga pas request IP Address.

Koneksi sudah siap, saatnya nyoba kehebatan hotspot disini... aplikasi pertama adalah YMessenger (sekalian ngecek siapa saja temen yang malem-malem gini masih OL juga).
Lalu giliran Firefox mencoba kecepatan aksesnya, om Google menjadi pilihan baku buat browsing yang ga jelas tujuannya :D

Agak kecewa juga pas nyoba search lama baru bisa ditampilkan hasilnya. Juga untuk buka webblog sendiri ternyata agak lelet .... ada apa ini ???
Ya mungkin saja karena saat itu dah terlalu banyak yang akses bareng-bareng, logikanya saja tentu kecepatan akses juga dibagi rata ( itu juga kalo ga ada yang nakal nyedot bandwidth sendiri he he)

Ok, karena aktifitas browsing kurang memuaskan.. gantian sekarang penasaran pengen tau seputar trafik signal di sekitar sini. Netstumbler pun gantian beraksi, scanning sebentar dan .... inilah hasilnya


lumayan padat juga untuk area sepanjang jalan Slamet Riyadi saja terdapat begitu banyak AP yang aktif, meskipun belum tentu semua free.

Masih penasaran dengan kecepatan akses tadi, maka coba cek lewat Netstumbler sampai seberapa sih kualitas signal yang tadi dipake koneksi, .... dan inilah hasilnya ;



mungkin karena trafik padat makanya signal jadi kurang stabil, makanya pas nyoba browsing kurang memuaskan.

Tapi bagaimanapun juga dengan adanya Hotspot area di sepanjang jalan Slamet Riyadi ini membuktikan bahwa kota Solo The Spirit Of Java tengah beranjak bangun menjadi Cyber City, dengan menyediakan kemudahan akses terhadap teknologi informasi kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar